Sabtu, 29 Desember 2012

CONTOH PROGRAM PERULANGAN GO TO

0 komentar
LISTING PROGRAM :
logika kodingannya di bawah ini :

1.  Statement IDENTIFICATION DIVISION : pada program cobol diatas statement ini merupakan sebuah divisi yang pertama yang paling sederhana pada COBOL, dan berfungsi untuk memberikan keterangan atas program yang akan kita buat selanjutnya,
2. Statement PROGRAM-ID. PERFORM1. : Yaitu Merupakan judul data pada program yang akan kita buat pada program,
3. Statement ENVIRONTMENT DIVISION. :Yaitu digunakan untuk memberikan sebuah dokumentasi informasi mengenai peralatan yang akan kita gunakan.
4. Statement DATA DIVISION. : Yaitu digunakan untuk memberikan semua keterangan untuk record dan memberikan bentuk format yang akan kita gunakan pada procedure division.
5. Statement WORKING-STORAGE SECTION. : Yaitu berfungsi untuk mendeklarasikan variable dan tipe data yang ingin kita gunakan.
6. Statement 77 JABATAN PIC 9. :Yaitu menunjukkan sebuah judul awal, yang merupakan level number 77 yang berfungsi jika pemograman membutuhkan catatan lalu jabatan sebagai nama pada prosedur yang digunakan pada kolom 9.
7. Statement PROCEDURE DIVISION. : Yaitu merupakan inti dari COBOL, yang berisikan semua instruksi-instruksi  yang kita tulis
8. Statement TANYA JABATAN. : Yaitu berfungsi untuk memulai suatu divisi yang akan kita tampilkan pada output,
9. Statement DISPLAY ‘JABATAN ANDA  [1, 2, DAN 3]?’. : Yaitu berfungsi sebagai menu option atau pilihan untuk memilih prosedur yang telah disediakan,
10. Statement  ACCEPT JAWABAN.  :Yaitu berfungsi untuk menampilkan atau menyetujui sebuah prosedur yang kita pilih,
11. DISPLAY SPACE. :Yaitu berfungsi untuk memberikan jarak pada sebuah running program yang akan kita cetak,
Statement ACCEPT JABATAN. :Yaitu menyetujui kodingan DISPLAY ‘JABATAN ANDA [1, 2, DAN 3]?’.
12. Jika pada menu pilihan diatas yang kita pilih tidak sesuai  dengan data yang disediakan maka kita isi kembali prosedurnya dengan GO TO TUNJ1, TUNJ2, TUNJ3 DEPENDING ON JABATAN. Selain prosedur tunj1, tunj2 dan tunj3 maka akan pergi dan mencetak DISPLAY ‘TIDAK ADA JABATAN TERSEBUT, ULANG ! ’.  akan menampilkan prosedur tidak ada jabatan,ulang ! jika yg kita pilih tidak ada pada menu plihan diatas,
13. Statement  GO TO TANYA-JABATAN. : Yaitu berfungsi untuk akan menanyakan kembali pada menu pilihan jabatan yang kita pilih.
14. Pada TUNJ1. :Yaitu  digunakan untuk mencetak sebuah isi prosedurnya dengan DISPLAY “TUNJANGAN ANDA SEBESAR RP.100.000,- ”. Untuk mencetak kata tunjangan anda sebesar RP.100.000,
15. Pada GO TO SELESAI. :YAitu berfungsi untuk kembali menghentikan program sehingga sudah tidak running kembali,
16. Pada TUNJ2. :Yaitu  digunakan untuk mencetak sebuah isi prosedurnya dengan DISPLAY “TUNJANGAN ANDA SEBESAR RP.200.000,- ”. Untuk mencetak kata tunjangan anda sebesar RP.200.000,
17. Pada GO TO SELESAI. :YAitu berfungsi untuk kembali menghentikan program sehingga sudah tidak running kembali,
18. Pada TUNJ3. :Yaitu  digunakan untuk mencetak sebuah isi prosedurnya dengan DISPLAY “TUNJANGAN ANDA SEBESAR RP.300.000,- ”. Untuk mencetak kata tunjangan anda sebesar RP.300.000,
19. Pada GO TO SELESAI. :YAitu berfungsi untuk kembali menghentikan program sehingga sudah tidak running kembali
20. Pada Statement SELESAI. : Yaitu berfungsi untuk menghentikan  program,
21. STOP RUN. : Yaitu untuk benar-benar menghentikan semua prosedur program yang kita gunakan.


Kegunaan, Kelebihan, dan kekurangan Internet

0 komentar

Saya akan memberitahukan kepada para pembaca, yaitu tentang kelebihan, kekurangan dan kegunaan internet. Yapzz langsung saja ^__^

Kegunaan :
Nah..Dibalik manfaat besarnya, pelajar dan masyarakat bisa belajar banyak hal, contohnya disisi lain internet memiliki kecenderungan melahirkan generasi instan. Hal ini secara tidak langsung akan mengancam perkembangan kreatifitas pelajar kita. Khususnya yang bersekolah di sekolah dengan fasilitas dan kualitas pengajar yang masih dibawah rata-rata. Pudarnya kepekaan, tidak terlatihnya kreatifitas menulis menjadi bagian daripada hal ini. Inilah tantangan bagi pelaku dan pengelola pendidikan ditengah perkembangan teknologi dewasa ini.


Kelebihan :
Internet dapat kita gunakan untuk mencari berbagai informasi ilmu pengetahuan. Informasi ilmu pengetahuan misalnya dapat kita cari di google atau kita juga bisa masuk ke wikipedia.com untuk mencari artikel mengenai pengetahuan yang ingin kita peroleh.
Internet dapat kita gunakan untuk memperoleh berita terupdate. Banyak situs berita yang sekarang dapat kita manfaatkan untuk mencari berita, misalnya detik.com, vivanews.com, okezone.com, kompas.com dsb. Berita tersebut dapat kita peroleh secara gratis.
Bisnis online, kita juga dapat menjalankan bisnis online di internet, dapat berupa PPC, affiliasi, PTR dsb.
Bergaul di dunia maya melalui website social networking. Situs seperti facebook.com, twitter.com, koprol.com, friendster.com dsb dapat kita manfaatkan untuk menjalin silahturahmi secara online.

Kekurangan :
1. Akses situs porno yang dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Dengan begini moral sesorangpun dapat terpengaruh.
2. Adanya ancaman dari virus-virus yang ada di dunia maya, kadang seseorang sengaja melakukan penyebaran virus supaya para pengguna internet dapat terpengaruh, makanya hati-hatilah ketika anda masuk ke suatu website.
3. Pencurian data di komputer anda, kadang ada juga hacker yang dengan sengaja melakukan pencurian data-data sensitif pada komputer anda, misalnya foto, password yang disimpan di komputer, salinan dokumen penting dsb.

CONTOH PROGRAM dalam QBASIC ke Empat

1 komentar
PROGRAM GO TO

LISTING PROGRAM :
LOGIKA
Jadi Program GOTO ini adalah untuk menghitung jumlah harga yang harus dibayar dari hasil barang yang ingin dibeli, dan mendapatkan diskon. Listing program GOTO dibawah ini:
·         10 CLS
yaitu dimana 10 CLS terdapat pada baris 10 dan CLS, yang berfungsi untuk membersihkan area layar pada program QBasic.
·         20 INPUT “HASIL BARANG=”,A
yaitu di mana 20 input adalah baris 20, dan A adalah data barang yang ingin dimasukkan.
·         30 DATA 100
yaitu dimana 30 data 100 adalah DATA tersebut baris 30 dan DATA tersebut nilainya 100
·         40 READ HARGA
yaitu 40 READ adalah READ terdapat di baris 40, HARGA adalah nilainya 100. jadi READ dan DATA itu saling berkaitan.
·         50 LET BAYAR = A * HARGA
yaitu dimana LET BAYAR adalah rumus, sdgkn A*HARGA adalah nilai barang yang ingin dimasukkan akan dikalikan dengan harga 100.
·         60 IF A > 55 THEN 100
yaitu IF A>55 THEN 100 adalah barang yang dibeli kurang dari 55 sampai 100.
·         70 PRINT “HARGA YANG HARUS DIBAYAR=”, BAYAR
yaitu PRINT “HARGA YANG HARUS DIBAYAR=” adalah hasil dari barang yang dibeli kurang dari 55 sampai 100 dan BAYAR,BAYAR adalah penjumlahan nilai barang yang ingin dimasukkan akan dikalikan 100(A*HARGA).
·         80 GOTO 110
yaitu dimana 80 GOTO 110 adalah GOTO terdpt dibaris 80 dan jika perintah yang sebelumnya sudah terpakai jadi langsung menuju baris 110 yaitu END atau selesai.
·         90 HASIL = BAYAR – (BAYAR*10/100)
yaitu HASIL = BAYAR – (BAYAR*10/100) adalah jumlah barang yang di beli lebih dari 55 sampai 100 jadi data tersebut langsung di masukkan kedalam perintah ini yaitu memberikan diskon sebesar 10 % dengan rumus hasil = bayar - ( bayar * 10 /100) . 100 PRINT “HARGA YANG HARUS DIBAYAR=”, HASIL
yaitu PRINT “HARGA YANG HARUS DIBAYAR=” adalah memasukkan nilai hasil yang sudah di hitung dengan rumus(HASIL=BAYAR-(BAYAR*10/100)) pada perintah sebelumnya yaitu mendapatkan diskon 10%, pada program ini jika data lebih dari 90 maka pembeli tetap di kenakan diskon sebasar 100, namun jika kurang dari 55 maka pelanggan tidak mendapatkan diskon.
·         110 END
yaitu 110 END adalah terdapat pada baris 110 dan END adalah mengakhiri program.


CONTOH PROGRAM dalam QBASIC ke Tiga

0 komentar
PROGRAM GANJIL DAN GENAP 
LISTING PROGRAM:
LOGIKA
Jadi Program Ganjil dan Genap ini adalah untuk menampilkan angka dan kemudian angka tersebut akan menghasilkan  hasil angka dengan di nyatakan dengan hasilnya apakah bilangannya adalah bilangan ganjil dan apakah bilangan genap. Lalu angka tersebut dibagi habis oleh 2. Listing Program Ganjil dan Genap di bawah ini :
·         Di awali dengan CLS, yang berfungsi untuk membersihkan area layar pada program QBasic.
·         INPUT “MASUKKAN  ANGKA=”, A
yaitu dimana A adalah variabelnya yang di gunakan untuk nanti diproses.
·         IF A MOD 2=0 THEN
yaitu dimana ini adalah rumusnya, jadi angka yang sudah di masukkan akan di bagi habis 2.
·         PRINT A, “ADALAH BILANGAN GENAP”
yaitu dimana jika angkanya yang sudah habis dibagi 2 kemudian hasilnya adalah bilangan genap maka otomatis hasilnya adalah bilangan genap juga.
·         PRINT A “ADALAH BILANGAN GANJIL”
yaitu dimana jika angkanya yang sudah habis dibagi 2 kemudian hasilnya adalah bilangan ganjil maka otomatis hasilnya adalah bilangan ganjil juga.
·         END
yaitu untuk mengakhiri program yang sudah dibuat.


CONTOH PROGRAM dalam QBASIC ke dua

0 komentar

1.    PROGRAM  GRADE  NILAI :
  listing program :

LOGIKA
Jadi, Program Grade Nilai tersebut adalah menentukan total nilai keseluruhan yang di dapat dari nilai tugas dan nilai harian, yang di tentukan juga oleh grade, dari grade A,B,C, dan D. Dan program ini menggunakan statement kondisi IF__THEN.  Listing Program grade Nilai di bawah ini :
·         Di awali dengan CLS, yang berfungsi untuk membersihkan area layar pada program QBasic.
·         INPUT  “MASUKKAN NILAI TUGAS=”,A
yaitu untuk mengoutput nilai TUGAS . dan A adalah variable pertama yang akan diproses.
·         INPUT “MASUKKAN NILAI HARIAN=”,B
yaitu untuk mengoutput nilai HARIAN, dan B adalah variable kedua yang juga akan diproses.
·         PRINT “TOTAL  NILAI ANDA=”, (A+B)/2
yaitu untuk mengoutput Total Nilai Anda, dan (A+B)/2 adalah rumus untuk memproses Nilai Tugas(A) dan Nilai Harian(B).
·         IF (A+B)/2 >=0 AND (A+B)/2 <=50 THEN PRINT “GRADE E”
yaitu untuk membaca dari hasil rumus dan akan menjadi hasil grade E dikarenakan dari 0 sampai 50 itu sebagai nilai Tugas dan nilai Harian jika hasil totalnya kurang dari 50.
·         IF (A+B)/2 >=51 AND (A+B)/2 <=65 THEN PRINT “GRADE D”
yaitu untuk membaca dari hasil rumus dan akan menjadi hasil grade D dikarenakan dari 51 sampai 65 itu sebagai nilai Tugas dan nilai Harian jika hasil totalnya kurang dari 65.

·         IF (A+B)/2 >=66 AND (A+B)/2 <=75 THEN PRINT “GRADE C”
yaitu untuk membaca dari hasil rumus dan akan menjadi hasil grade D dikarenakan dari 66 sampai 75 itu sebagai nilai Tugas dan nilai Harian jika hasil totalnya kurang dari 75.
·         IF (A+B)/2 >=76 AND (A+B)/2 <=85 THEN PRINT “GRADE B”
yaitu untuk membaca dari hasil rumus dan akan menjadi hasil grade D dikarenakan dari 76 sampai 85 itu sebagai nilai Tugas dan nilai Harian jika hasil totalnya kurang dari 85 .
·         IF (A+B)/2 >=86 AND (A+B)/2 <=100 THEN PRINT “GRADE A”
yaitu untuk membaca dari hasil rumus dan akan menjadi hasil grade D dikarenakan dari 86 sampai 100 itu sebagai nilai Tugas dan nilai Harian jika hasil totalnya kurang dari 100.
·         END
yaitu untuk mengakhiri program yang sudah dibuat.

    

  

  

CONTOH PROGRAM QBASIC

4 komentar

LISTING PROGRAM

LOGIKA PROGRAM

            Pada Materi ini yaitu Q basic, saya akan menjelaskan perintah – perintah yang terdapat pada listing program diatas. Yang pertama adalah listing program “ganjil dan genap”, pada perintah pertama  yaitu CLS yang befungsi untuk membersihkan layar, kemudian perintah ke 2 yaitu Input, perintah ini berfungsi untuk memasukkan sebuah data (variabel), contoh nama variabel yang di berikan adalah a, setelah memasukkan variabel maka kita akan memasukkan sebuah perintah baru yaitu IF a MOD 2 = 0 THEN PRINT a; “adalah bilangan genap”,  yang artinya jika “a” habis di bagi 2 = 0 maka output yang akan dikeluarkan adalah bilangan genap, perintah selanjutnya adalah ELSE PRINT a; “bilangan ganjil”, yang artinya adalah semua hasil yang tidak bisa habis di bagi 2 = 0 adalah bilangan ganjil, contoh “masukkan angka = 5” maka yang keluar  “ 5 adalah bilangan ganjil”, setelah itu masukkan perintah END yang berfungsi untuk mengakhiri sebuah program.

            Program ke dua yang terdapat pada listing adalah program “nilai rata – rata”, saya akan menjelaskan perintah yang terdapat pada prgoram tersebut, pertama yaitu CLS yang fungsinya membersihkan layar, kemudian perintah ke dua yang ada di listing adalah Input yang fungsinya adalah untuk memasukkan sebuah data (variabel), pada listing tertulis 'input “masukkan nilai UTS = ”, a, input “masukkan nilai UAS = “, b' arti dari perintah tersebut adalah memunculkan kalimat “masukkan nilai UTS = “, dan “masukkan nilai UAS = “, pada nilai UTS di beri variabel, a, dan pada nilai UAS di beri vacriabel b, lalu memasukkan nilai tersebut kedalam perintah selanjutnya yaitu hasil dimana perintah tersebut berisikan “hasil = (a + b) / 2, yang aritnya variabel a (nilai UTS) ditambah variabel b (nilai UAS) dibagi dua, maka setelah di masukkan kedalam perintah tersebut akan muncul hasilnya pada perintah selanjutnya yaitu “PRINT “total jumlah nilai anda adalah =”, hasil”, output yang di keluarkan adalah hasil dari rumus perintah diatas, setelah mendapatkan total nilai maka perintah selanjutnya adalah mengkelompokkan nilai yang di dapat seperti pada perintah selanjutnya yaiut “ IF hasil >= 0 AND hasil <= 50 THEN PRINT “selamat anda mendapat grade E”, dan seterusnya hanya berbeda nilai dan gradenya saja seperti pada listing program diatas, maksud dari perintah tersebut adalah jika hasil lebih dari sama dengan 0 dan hasil kurang dari sama dengan 50 makan output yang keluar adalah “selamat anda mendapat grade E”, jadi hasil yang akan menentukan ke manakah nilai anda di kelompokkan, perintah terakhir adalah END yang berfungsi mengakhiri sebuah program.

            Program ke tiga yang terdapat pada listing program adalah program “ pembelian barang dengan mendapatkan diskon”, perintah pertama 10 CLS yang artinya perintah CLS terdapat pda baris 10, CLS berfungsi untuk membersihkan layar, perintah ke dua adalah 20 Input “masukkan jumlah barang yang di beli = “, a, yang artinya input terdapat pda baris 20 lalu kalimat yang akan keluar adalah “masukkan jumlah barang yang di beli = “ dan di beri variabel a, input berfungsi untuk memasukkan sebuah data (variabel), kemudian perintah ke tiga adalah 30 DATA 100 yang artinya perintah DATA terdapat pada baris 30 dan datanya bernilai 100 , kemudian perintah selanjutnya adalah 40 READ harga yang artinya perintah READ terdapat di baris 40 dan nilai sebuah harga adalah 100, perintah DATA dan READ saling berkesinambungan, jika DATA lebih perintah tetap bisa di jalankan namun jika READ atau yang di baca tidak ada maka program tidak dapat di jalankan atau “out of data”, perintah selanjutnya adalah LET bayar = a * harga yang artinya variabel bayar mempunyai rumus a * harga, jadi nila barang yang di masukkan di kalikan dengan harga (100), lalu perintah selanjutnya adalah “IF a > 50 THEN 90 PRINT “jumlah yang harus di bayar adalah = “, bayar”  yang artinya adalah jika nilai a (barang yang di beli) kurang dari 50 hingga 90  maka output yang di keluarkan adalah “jumlah yang harus di bayar = “ bayar (penjumlahan a * harga), perintah selanjutnya adalah 80 GOTO 110 yang artinya perintah GOTO terdapat pada baris 80 dan jika perintah sebelumnya di gunakan (terpakai) maka langsung menuju ke baris 110 yang mempunya perintah END (selesai), setalah itu perintah selanjutnya adalah hasil = bayar – (bayar * 10 / 100) yang artinya jika jika jumlah barang yang di beli lebih dari 50 sampai 90 maka data tersebut di masukkan kedalam perintah ini yaitu memberikan diskon sebesar 10 % dengan rumus hasil = bayar - ( bayar * 10 /100 ) setelah data di masukkan ke dalam rumus tersebut maka akan di keluarkan pada perintah selanjutnya yaitu PRINT “ jumlah yang harus di bayar adalah = “ hasil, yang artinya kalimat yang di cetak adalah “jumlah yang harus di bayar adalah = “ lalu memasukkan nilai hasil yang sudah di hitung pada perintah sebelumnya yaitu mendapatkan diskon 10%, pada program ini jika data lebih dari 90 maka pelanggan tetap di kenakan diskon sebasar 90, namun jika kurang dari 50 maka pelanggan tidak mendapatkan diskon, perintah terakhir adalah 110 END yaitu perintah END terdapat pada baris 110 dan END berfungsi untuk mengakhiri sebuah program.



Contoh Program COBOL (Menghitung Nilai UAS dan UTS)

0 komentar

Saya akan menjelaskan program sederhana pada COBOL, yaitu menghitung nilai UAS dan UTS pada cobol. Dan langsung saja saya akan menjelaskannya di bawah ini :

MENGHITUNG NILAI UAS DAN UTS

Inilah codingan nya :
Dan selanjutnya saya akan menjelaskan logika kodingannya di bawah ini :


IDENTIFICATION DIVISION. : Yaitu sebuah divisi yang pertama, berfungsi untuk memberikan keterangan pada program yang akan kita buat,
PROGRAM-ID. FUNGSI. : yaitu sebuah judul data pada program yang akan dibuat.
AUTHOR. MSR. :  yaitu menunjukkan bahwa penulis data diatas adalah MSR.
ENVIRONTMENT DIVISION. : Yaitu divisi yang kedua, berfungsi untuk memberikan sebuah dokumentasi informasi mengenai peralatan yang akan kita digunakan.
DATA DIVISION. : Yaitu berfungsi untuk memberikan semua keterangan record dan juga memberikan bentuk format yang digunakan pada procedure division.
WORKING-STORAGE DIVISION. : Yaitu merupakan section pada data division,
01 UTS PIC 9(3). : Yaitu menunjukkan sebuah judul awal yang akan kita buat, dan 9 merupakan output program yang menampilkan pada baris ke-9.
01 UAS PIC 9(3). : Yaitu merupakan sebuah level number 1 yang d
igunakan, jika pemrograman membutuhkan catatan dan angka 9 tersebut merupakan output program yang akan menampilkan pada baris ke-9.
01 HASIL PIC 9(3). : Yaitu output program dari nilai UAS dan UTS, angka 9 tersebut merupakan output program yang akan menampilkan pada baris ke-9.
SCREEN SECTION. : Yaitu merupakan section pada sebuah data division,
01 HAPUS. Dan 02 BLANK SCREEN. : Yaitu level number yang berfungsi untuk  membersihkan layar pada COBOL,
PROCEDURE DIVISION. : Yaitu yang berisi semua instruksi-instruksi yang kita tulis tadi,
MULAI. : Yaitu berfungsi untuk memulai suatu divisi atau memproses data yang akan kita tampilkan,
DISPLAY HAPUS. : Yaitu Untuk membersihkan pada layar,
DISPLAY ( , ) ‘MASUKKAN NILAI UTS  : ‘. : Yaitu  berfungsi untuk data yang akan
kita tampilkan pada output program nya dan memasukkan data angka nilai UTS,
ACCEPT  UTS. : Untuk menyetujui display data sebelumnya, yaitu data pada MASSUKAN NILAI UTS,
DISPLAY ( , ) ‘MASUKKAN NILAI UAS : ‘. :
Yaitu  berfungsi untuk data yang akan kita tampilkan pada output program nya dan memasukkan data angka nilai UAS,
ACCEPT UAS. : Untuk menyetujui display data sebelumnya, yaitu data pada MASSUKAN NILAI UAS,
HITUNG. Dan COMPUTE HASIL = ( UTS * 70 / 100 ) + ( UAS * 30 / 100 ) : Yaitu yang akan menampilkan rumus fungsinya, dan rumus fungsi compute yang digunakan untuk menghitung hasil dari data nilai UTS dan UAS yang tadi kita masukkan.
Seleksi. Dan DISPLAY HASIL. : Yaitu untuk menampilkan hasil dari nilai UTS dan nilai UAS ketika program kita running.
IF HASIL > 70. : Yaitu Merupakan sebuah program data IF yang berfungsi untuk meng-input nilai dari UTS dan nilai UAS yang hasilnya lebih dari 70,
DISPLAY ( 8 , 6 ) ‘LULUS’. : Yaitu yang menampilkan data IF diatas (IF HASIL >70) pada running program cobol diakhir pada baris 8 kolom 6 dan akan menampilkan LULUS.
IF HASIL < 70. Yaitu Merupakan sebuah program data IF yang berfungsi untuk meng-input nilai dari UTS dan nilai UAS yang hasilnya kurang dari 70,
DISPLAY ( 8 , 6 ) ‘TIDAK LULUS’. :  Yaitu yang menampilkan data IF diatas (IF HASIL <70 6="6" 8="8" akan="akan" baris="baris" cobol="cobol" dan="dan" diakhir="diakhir" kolom="kolom" lulus.="lulus." menampilkan="menampilkan" pada="pada" program="program" running="running" span="span" tidak="tidak">
SELESAI. : Yaitu mengakhiri program.
STOP RUN. : Yaitu mengakhiri seluruh program data dari data diatas yang telah kita buat.




CONTOH PROGRAM COBOL

1 komentar
Program sederhana COBOL (MENU : NAMA, BIODATA, dan NILAI AKHIR) :
Di bawah ini adalah kodingannya :


Dan di bawah ini logika programnya : 

IDENTIFICATION DIVISION. : Yaitu sebuah divisi yang pertama, berfungsi untuk memberikan keterangan pada program yang akan kita buat,
PROGRAM-ID. MENU. : yaitu sebuah judul data pada program yang akan dibuat.
AUTHOR. MAHARDIKA SETIAWAN. :  yaitu menunjukkan bahwa penulis data diatas adalah MAHARDIKA SETIAWAN.
ENVIRONTMENT DIVISION. : Yaitu divisi yang kedua, berfungsi untuk memberikan sebuah dokumentasi informasi mengenai peralatan yang akan kita digunakan.
DATA DIVISION. : Yaitu berfungsi untuk memberikan semua keterangan record dan juga memberikan bentuk format yang digunakan pada procedure division.
WORKING-STORAGE DIVISION. : Yaitu merupakan section pada data division,
merupakan output program yang akan menampilkan pada baris ke-9.
01 AWAL. : Pada bagian ini kita membuat judul program awal.
02  NAMA PIC X(30). Pada bagian ini berfungsi untuk menentukan Type data karakter yang sudah di deklarasikan di data devision pada cobol.
02  NPM PIC X(8). Pada bagian ini berfungsi untuk menentukan Type data karakter dan numerik yang sudah di deklarasikan di data devision pada cobol.
02  KELAS PIC X(8). Pada bagian ini berfungsi untuk  menentukan Type data karakter dan numerik yang sudah di deklarasikan di data devision pada cobol.
01 KEDUA. Pada bagian ini kita membuat judul program yang kedua.
02 PANJANG PIC 9(3). Pada bagian ini berfungsi untuk  menentukan Type data karakter yaitu PANJANG dan numerik yang sudah di deklarasikan di data devision pada cobol.
02 LEBAR PIC 9(3). Pada bagian ini berfungsi untuk  menentukan Type data karakter yaitu LEBAR  dan numerik yang sudah di deklarasikan di data devision pada cobol.
02 TINGGI PIC 9(3). Pada bagian ini berfungsi untuk  menentukan Type data karakter yaitu TINGGI dan numerik yang sudah di deklarasikan di data devision pada cobol.
02 LUAS PIC ZZZ. Pada bagian ini berfungsi untuk  menentukan Type data karakter yaitu LUAS dan numerik yang sudah di deklarasikan di data devision pada cobol.
01 KETIGA. Pada bagian ini kita membuat judul program yang ketiga.
01 UTS PIC 9(3). : Yaitu menunjukkan sebuah judul awal yang akan kita buat, dan 9 merupakan output program yang menampilkan pada baris ke-9.
01 UAS PIC 9(3). :
Yaitu merupakan sebuah level number 1 yang digunakan, jika pemrograman membutuhkan catatan dan angka 9 tersebut merupakan output program yang akan menampilkan pada baris ke-9.
01 HASIL PIC 9(3). : Yaitu output program dari nilai UAS dan UTS, angka 9 tersebut merupakan output program yang akan menampilkan pada baris ke-9.
01 TANYA PIC X(1). Pada bagian ini statement untuk menanyakan.
88 LAGI VALUE 'Y', 'y'. Yaitu bagian ini untuk menanyakan “Y” jika ingin mengulangi ke MENU lagi
88 TIDAK VALUE 'T', 't'. Yaitu bagian ini untuk menanyakan “T” jika ingin mengulangi ke MENU lagi.
SCREEN SECTION. : Yaitu merupakan section pada sebuah data division,
01 HAPUS. Dan 02 BLANK SCREEN. : Yaitu level number yang berfungsi untuk  membersihkan layar pada COBOL,
PROCEDURE DIVISION. : Yaitu yang berisi semua instruksi-instruksi yang kita tulis tadi,
MULAI. : Yaitu berfungsi untuk memulai suatu divisi atau memproses data yang akan kita.
DISPLAY HAPUS. Yaitu Untuk membersihkan pada layar,
DISPLAY (4, 10) '*****MENU*****'. Yaitu utk menampilkan bentuk MENU di baris 4 kolom 10
DISPLAY (5, 10) '1. BIODATA'. Yaitu utk menampilkan bentuk 1. BIODATA di baris 5 kolom 10
DISPLAY (6, 10) '2. LUAS'. Yaitu utk menampilkan bentuk 2. LUAS di baris 6 kolom 10
DISPLAY (7, 10) '3. NILAI AKHIR'. Yaitu utk menampilkan bentuk 1. BIODATA di baris 7 kolom 10
DISPLAY (8, 10) 'MASUKAN PILIHAN 1..3'. Yaitu utk menampilkan bentuk MASUKKAN PILIHAN 1...3 di baris 8 kolom 10
ACCEPT PIL. Yaitu untuk memasukkan data-data statement pada pilihan MENU.
 GO TO PIL1, PIL2, PIL3 DEPENDING ON PIL. Yaitu mengulang ke statement PIL1, PIL2, PIL3 sesuai yang nanti kita pilih menu nya,
 DISPLAY (16, 10) 'MAAF TIDAK ADA PILIHAN LAIN HANYA[1..3]='. Yaitu utk menampilkan bentuk tulisan “MAAF TIDAK ADA PILIHAN HANYA[1...3]” saat tidak ada pilihan yang sesuai dari menu pilihan 1 sampai pilihan 3 di baris 16 kolom 10
 GO TO MULAI. Yaitu mengulang ke statement MULAI.
PIL1. Yaitu masuk ke statement untuk menu pilihan BIODATA.
 DISPLAY HAPUS. Yaitu Untuk membersihkan pada layar,
 DISPLAY (9, 10) 'MASUKAN NAMA= '. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “NAMA”  pada baris ke 9 kolom ke 10.
 ACCEPT NAMA. Pada bagian ini artinya untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan(running).
 DISPLAY (10, 10) 'MASUKAN NPM= '. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “NPM”  pada baris ke 10 kolom ke 10.
 ACCEPT NPM. Pada bagian ini artinya untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan(running).
 DISPLAY (11, 10) 'MASUKAN KELAS= '. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “KELAS”  pada baris ke 11 kolom ke 10.
 ACCEPT KELAS. Pada bagian ini artinya untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan(running).
 GO TO HAY. Yaitu untuk mengulang ke menu hay.
PIL2. Yaitu masuk ke statement untuk menu pilihan LUAS.
DISPLAY HAPUS. Yaitu Untuk membersihkan pada layar,
DISPLAY (12, 10) 'MASUKAN PANJANG = '. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “MASUKAN PANJANG”  pada baris ke 12 kolom ke 10.
 ACCEPT PANJANG. Pada bagian ini artinya untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan(running).
 DISPLAY (13, 10) 'MASUKAN LEBAR = '. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “MASUKAN LEBAR”  pada baris ke 12 kolom ke 10.
 ACCEPT LEBAR. Pada bagian ini artinya untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan(running).
 DISPLAY (14, 10) 'MASUKAN TINGGI = '. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “MASUKAN TINGGI”  pada baris ke 12 kolom ke 10.
 ACCEPT TINGGI. Pada bagian ini artinya untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan(running).
 COMPUTE LUAS = PANJANG * LEBAR * TINGGI. Yaitu yang akan menampilkan rumus fungsi, dan rumus fungsi compute yang digunakan untuk menghitung hasil dari data masukkan panjang kali lebar kali tinggi yang tadi kita masukkan.
 DISPLAY (15, 10) 'LUAS PERSEGI PANJANG ' , LUAS. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “LUAS PERSEGI PANJANG”  pada baris ke 15 kolom ke 10.
 GO TO HAY. Yaitu untuk mengulang ke menu hay.
 PIL3. Yaitu masuk ke statement untuk menu pilihan NILAI AKHIR.
DISPLAY HAPUS. Yaitu Untuk membersihkan pada layar,
DISPLAY (16, 10) 'MASUKAN UTS = '. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “MASUKAN UTS”  pada baris ke 16 kolom ke 10.
ACCEPT UTS. Pada bagian ini artinya untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan(running).
DISPLAY (17, 10) 'MASUKAN UAS = '. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “MASUKAN UAS”  pada baris ke 17 kolom ke 10.
 ACCEPT UAS. Pada bagian ini artinya untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan(running).
COMPUTE HASIL = UTS * 0.7 + UAS * 0.3. Yaitu yang akan menampilkan rumus fungsi, dan rumus fungsi compute yang digunakan untuk menghitung hasil dari data masukkan UTS kali 0.7 tambah UAS kali 0.3 ,
 DISPLAY (18, 10) 'NILAI ANDA ADALAH ', HASIL. Pada bagian ini artinya untuk menampilkan “NILAI ANDA ADALAH”  pada baris ke 18 kolom ke 10.
IF HASIL >50 DISPLAY (19, 10) 'ANDA LULUS'. Yaitu jika hasil dari total nilai UAS dan UTS lebih dari 50 maka tercetak “ANDA LULUS” pada baris ke 19 kolom ke 10.
IF HASIL <49 10="10" display="display" lulus="lulus" span="span" tidak="tidak">Yaitu jika hasil dari total nilai UAS dan UTS lebih dari 50 maka tercetak “ANDA TIDAK LULUS” pada baris ke 20 kolom ke 10.
 GO TO HAY. Yaitu untuk mengulang ke menu hay.
PIL4. Yaitu masuk ke statement untuk menu pilihan akhir program.
DISPLAY HAPUS. Yaitu Untuk membersihkan pada layar,
DISPLAY (21, 10) 'TERIMA KASIH'. Yaitu akan menampilkan “TERIMA KASIH” pada baris ke 21 kolom ke 10.
GO TO SELESAI. Yaitu mengulang ke statement selesai.
HAY. Yaitu menu statement pada program yaitu menu hay.
 DISPLAY (21, 10) 'KEMBALI KE MENU Y/T= '. Yaitu akan menampilkan “KEMBALI KE MENU Y/T” pada baris ke 21 kolom ke 10.
 ACCEPT TANYA.  Pada bagian ini artinya untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan(running).
 IF LAGI GO TO MULAI ELSE GO TO PIL4. Yaitu jika kita memilih menu “Y” makan mengulang ke menu awal dan jika memilih “T” maka akan ke statemnt PIL4.
 SELESAI. Yaitu menu statement pada program yaitu menu hay.
 STOP RUN. Yaitu mengakhiri seluruh program data dari data diatas yang telah kita buat.