Sabtu, 29 Desember 2012

CONTOH FUNGSI COBOL

Saya akan menjelaskan program sederhana pada COBOL yaitu tentang Function, dan juga saya akan menjelaskan logikanya, di bawah ini saya akan memulai menjelaskannya :

- Yang pertama kita buat kodingannya dahulu, seperti gambar di bawah ini :




-          Kemudian saya akan menjelaskan logikanya :
IDENTIFICATION DIVISION. : Yaitu sebuah divisi yang pertama, berfungsi untuk memberikan keterangan pada program yang akan kita buat,
PROGRAM-ID. DECO. : yaitu sebuah judul data pada program yang akan dibuat.
ENVIRONTMENT DIVISION. : Yaitu divisi yang kedua, berfungsi untuk memberikan sebuah dokumentasi informasi mengenai peralatan yang akan kita digunakan.
DATA DIVISION. : Yaitu berfungsi untuk memberikan semua keterangan record dan juga memberikan bentuk format yang digunakan pada procedure division.
WORKING-STORAGE DIVISION. : Yaitu merupakan section pada data division,
77 KODE PIC X(6). : Yaitu pada line 77 maksudnya adalah bahwa iteem tersebut berdiri sendiri yang artinya pada program COBOL tidak akan di proses, kemudian pada KODE PIC X(6) maksudnya kode tersebut akan menyediakan data kode sebanyak 6 baris.
77 I PIC 9.  : Yaitu pada line  77 dengan variabel I itu maksudnya bahwa item tersebut berdiri sendiri dan mengandung nilai-nilai numerik,
01 ULANG PIC X. : Yaitu statement ini untuk mengulang prosedur yang telah dibuat yaitu Ya atau Tidak, dan di bawah ini adalah prosedurnya :
88 LAGI VALUE ‘Y’, ’y’. : Yaitu maksudnya jika ingin mau mengulang maka kita tulis huruf ‘Y’ atau ‘y’, maka kita akan bisa lagi mengulang memasukkan data yang ingin kita masukkan.
88 TIDAK VALUE ‘T’, ‘t’. Yaitu maksudnya jika ingin tidak mau mengulang maka kita tulis huruf ‘T’ atau ‘t’, maka kita tidak akan bisa lagi mengulang memasukkan data yang ingin kita masukkan.
01 KETR.
02 KODE-PRIN OCCURS 3 TIMES PIC X(6).
02 KETR OCCURS 3 TIMES PIC X(35).
: Yaitu pada data kodingan di atas masuk ke dalam menu KETR (keterangan), yang memiliki perintah pengulangan program. Menu pengulangannya adalah kode prin sebanyak 3 kali dan jika pengulangannya yg kita masukan salah maka yang kita gunakan adalah kode prin yang terdapat 6 baris, lalu apabila kode prin sudah benar maka menu Keterangan nya akan mengulang sebanyak 3 kali dengan memiliki 35 baris yang menunjukan menu keterangan.
01 SCREEN SECTION. : Yaitu untuk mengatur bentuk format dari layar input-maupun output.
01 HAPUS. : Yaitu untuk mengkosongkan layar program COBOL,
02 BLANK SCREEN. :Yaitu membersihkan layar dan menempatkan kursor pada posisi kiri atas (baris1 dan kolom1),
01 LAYAR-MASUK.
02 LINE 4 COLUMN 30 “<< INPUT KODE >>”.
02 LINE 6 COLUMN 15 “KODE :”.
02 COLUMN PLUS 1 PIC X(6) TO KODE.
:Yaitu kita telah masuk ke menu Layar pemasukan yang dimana masuk pada baris 4 kolom 30 dengan mencetak kata “INPUT KODE”, kemudian pada baris 6 kolom 15 dengan mencetak kata “KODE” dengan di tambah spasi sebanyak 6 baris yang berfungsi untuk menentukan kode program yang telah kita masukkan datanya.
PROCEDURE DIVISION. : Yaitu perintah untuk memulai instruksi-instruksi yang kita tulis pada program cobol.
UTAMA. : Yaitu memulai program,
MOVE ‘LX800’ TO KODE-PRIN(1).
MOVE ‘EPSON’ TO KET(1).
: Yaitu maksudnya adalah menggunakan kode datanya itu LX800, kemudian akan tercetak “EPSON”. Karena kode prin dan keterangannya itu angka numeriknya 1.
MOVE ‘HP1111’ TO KODE-PRIN(2).
MOVE ‘ hp’ TO KET(2).
: Yaitu maksudnya adalah menggunakan kode datanya itu HP1111, kemudian akan tercetak “hp”. Karena kode prin dan keterangannya itu angka numeriknya 2.
MOVE ‘ ’ TO KODE-PRIN(3).
MOVE ‘TIDAK TERSEDIA’ TO KET(3).
: Yaitu maksudnya adalah jika kita input kode yang tidak ada dalam program maka akan tercetak “TIDAK TERSEDIA”. Karena kode prin dan keterangannya itu angka numeriknya 3.
DISPLAY HAPUS.
PERFORM MASUK.
:Yaitu jika kita memasukkan kode dan kodenya salah maka program akan kembali mengulang, dan jika kode yang kita masukan benar maka program akan masuk.
PERFORM CARI VARYING I .
FROM 1 BY 1 UNTIL I > 3
GO TO TANYA.
:Yaitu  kita melakukan proses menu cari dengan variabel nya I, dan variable I harus lebih besar dari 3. lalu setelah itu di lanjutkan dengan  menu TANYA karna menggunakan statment GO TO TANYA.
STOP RUN. :Yaitu untuk menghakiri program.
MASUK.
DISPLAY LAYAR-MASUK.
ACCEPT LAYAR-MASUK.
:Yaitu kita masuk kembali pada 01 LAYAR-MASUK kemudian di proses, dan setelah itu kita bisa memasukkan kode karena dengan perintah statement ACCEPT LAYAR-MASUK.
CARI.
IF KODE-PRIN(I)=KODE
DISPLAY(8,15) ‘PRINTER YANG ANDA GUNAKAN ADALAH’, KET(I).
 
:Yaitu maksudnya adalah bahwa jika kode prin di variable itu sama dengan kode, kemudian  mencetak pada baris 8 kolom 15 yaitu hasilnya “PRINTER YANG ANDA GUNAKAN ADALAH” .dan KET(I) itu hasil kode data print yang kita pilih.
TANYA.
DISPLAY(10,15) ‘APAKAH ADA KODE LAINNYA:’.
ACCEPT ULANG.
IF LAGI GO TO UTAMA.
:Yaitu maksudnya adalah mencetak baris 10 kolom 15 yang hasilnya “APAKAH ADA KODE LAINNYA” lalu jika kita masukkan salah maka akan mengulang dan jika kembali salah maka kembali ke menu utama.
STOP RUN. :Yaitu untuk menghakiri program.


-          Setelah itu  Kemudian kita save as dengan memasukkan nama file nya Lalu EXIT program, kemudian kita running programnya, mmunculah programnya dan dibawa ini kita isi kode nya itu LX800 maka hasilnya adalah EPSON. Hasilnya seperti di bawah ini :


   










0 komentar:

Posting Komentar